Persiapan Sebelum Sunat Dewasa

Persiapan Sebelum Sunat Dewasa - Penyunatan orang dewasa adalah pilihan operasi untuk pria yang tidak melakukan sunat pada masa kanak-kanak. Proses sunat dilakukan dengan cara menghilangkan kulup yang menutupi kepala penis. Sunat biasanya dilakukan untuk:


  • Alasan medis. Pada pria dewasa, sunat dilakukan lebih sering saat penis kulup terlalu kencang, sehingga tidak bisa dikeluarkan dari kepala penis. Ini juga dikenal sebagai phimosis.
  • Alasan agama dan budaya. Sunat adalah praktik umum di komunitas Yahudi dan Muslim serta di masyarakat Afrika (sunat biasanya dilakukan pada anak-anak).
  • Pencegahan HIV. Ada bukti bahwa sunat mengurangi risiko pria heteroseksual terpapar HIV, dan beberapa negara Afrika juga mempromosikan khitanan sebagai program pencegahan HIV.


1. Satu minggu sebelum prosedur

Yang harus dilakukan adalah:


  • Mintalah seorang anggota keluarga atau teman untuk mengantarmu pulang setelah prosedur. Jangan bawa pulang.
  • Tanyakan kepada dokter terlebih dahulu apakah sebaiknya berhenti berhubungan seks.
  • Beritahu riwayat kesehatan Anda, jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, atau jika Anda memiliki penyakit tertentu.
  • Mintalah saran untuk makan dan minum sebelum hari H.


2. Prosedur hari

Yang harus dilakukan adalah:


  • Mengingat tanggal, hari, waktu dan lokasi prosedur Anda.
  • Tuliskan apapun yang kamu bawa
  • Jika Anda memakai lensa kontak, jangan menggunakannya dalam prosedur atau hari operasi. Kenakan kacamata sebagai gantinya.
  • Sebelum operasi, biasanya Anda diberi obat untuk membuat Anda merasa mengantuk. Beritahu dokter Anda jika Anda atau keluarga Anda mengalami masalah dengan menggunakan anestesi di masa lalu.
  • Anda atau keluarga dekat Anda akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan. Pastikan untuk menjawab semua pertanyaan Anda sebelum menandatangani.


3. Setelah Prosedur

Anda mungkin terbaring di tempat tidur dan beristirahat sebentar karena prosedur ini bisa melelahkan. Penyedia layanan kesehatan akan memastikan tidak ada masalah dengan Anda. Pembalut digunakan untuk menjaga area jahitan tetap bersih dan kering. Dokter akan segera melepaskan dressing setelah prosedur memeriksa jahitan Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang bagaimana mengobati luka Anda. Baca Juga : Lokasi Dokter Khitan 

4. Masa pemulihan

Bila Anda dipulangkan dari rumah sakit, Anda akan diberi tahu tentang pengobatan di rumah, bahkan saat mengemudi, kembali bekerja dan berhubungan seks. Biasanya dibutuhkan sekitar 10 hari sampai penis Anda sembuh setelah disunat. Selama tiga sampai empat hari setelah operasi, Anda mungkin mengalami beberapa ketidaknyamanan dan pembengkakan di sekitar kepala penis Anda. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami peningkatan suhu, kemerahan, pendarahan, dan rasa sakit yang terus-menerus di penis Anda. Pakai pakaian longgar untuk menghindari iritasi pada penis Anda selama pemulihan. Anda seharusnya tidak merasa sakit saat Anda buang air kecil, tapi hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalaminya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir