Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh - sumber makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bahkan kecantikan tubuh. Tidak terkecuali jambu biji, yang juga terkenal dengan beberapa manfaatnya sebagai obat tradisional dan pencegahan berbagai penyakit, seperti mengurangi tekanan darah, membantu penderita demam berdarah hingga kandungan zat antikanker yang dimiliki jambu jenis ini.

Lokasi geografis negara Indonesia yang merupakan zona tropis membuat banyak tanaman tropis tumbuh, salah satunya menghasilkan jambu biji. Jambu biji memiliki beberapa spesies yang cukup terkenal di antaranya jambu merah dan jambu putih. Meski banyak orang kurang tertarik dengan jambu ini tapi tidak salah, jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jambu biji memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat, termasuk kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan memiliki zat antikanker. Selain itu, kadar kolesterol bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jambu biji.

Vitamin C dalam jambu biji dibandingkan dengan jeruk hampir dua kali lipat dari jeruk. Dalam setiap 100gr jambu biji vitamin C mengandung sekitar 87 mg sedangkan dalam jeruk hanya mengandung sekitar 49 mg. Kandungan vitamin C dalam jambu biji juga berkali-kali dibandingkan apel atau anggur. artikel lainnya : sunat pekanbaru

Umumnya vitamin C dalam jambu biji akan maksimal pada saat jembu sebelum jatuh tempo. Vitamin C dalam jambu biji biasanya paling banyak di kulit dan juga dagingnya cukup kental. Karena itu, saat mengonsumsi jambu biji sebaiknya juga dikonsumsi kulit, tapi jangan lupa bersih dulu sampai benar-benar bersih sehingga tidak akan mengkonsumsi bakteri.

Apa manfaat jambu biji?

Mengingat banyaknya manfaat jambu biji, berikut beberapa manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, lihat apa yang tertangkap di bawah ini:

1. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi jambu biji. Pasalnya kandungan vitamin C cukup tinggi untuk mencegah berbagai ancaman dari penyakit yang bisa menyerang tubuh.

2. Anti Tumor dan Anti Radang
Jambu biji memiliki sifat anti tumor dan antiinflamasi karena memiliki kandungan lycopene di dalamnya sehingga pertumbuhan tumor bisa dicegah.

3. Mencegah kanker
Selain mengandung lycopene jambu biji juga mengandung zat antioksidan diantranya flavonoid dan fitonutrien yang berguna untuk mencegah kanker. Selain itu, vitamin C yang tinggi dalam jambu biji juga mampu menetralkan radikal bebas yang berisiko menyebabkan kanker.

4. Pertahankan Tekanan Darah
Manfaat lain dari jambu biji yang bisa menjaga tekanan darah. Kandungan kalium dalam jambu biji bisa bermanfaat sehingga tubuh terlindungi dari faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kesehatan tekanan darah seseorang. Jika tekanan darah dapat dikendalikan dalam batas normal, risiko penyakit jantung juga akan menurun.

5. Mencegah penuaan dini
Radikal bebas bisa dinetralkan dengan jambu biji, hal ini karena kandungan antioksidannya cukup tinggi. Selain itu, penuaan dini yang disebabkan oleh stres oksidatif dapat dicegah dengan mengkonsumsi jambu biji.

6. Bagus untuk penderita diabetes
Bagi pasien diabetes, kandungan serat yang ada dalam jambu biji memiliki manfaat sebagai obat alami untuk diabetes. Buah ini juga dipercaya bisa mencegah munculnya puncak gula.

7. Kulit Sehat
Manfaat jambu biji berikut ini bisa memberi nutrisi pada kulit. Vitamin A yang terkandung dalam jambu biji bisa bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat. Mengkonsumsi kulit jambu biji mungkin tampak lebih segar dan bagi wanita rasanya lebih indah karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan kulit.

8. Perbaiki kesehatan mata
Jambu biji juga berkontribusi terhadap kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Buah ini mampu mencegah infeksi mata dan infeksi mata.

9. Perbaiki kesehatan pencernaan
Likopen yang terkadnung dalam jambu biji juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan tubuh.

10. Meningkatkan jumlah darah
Selain vitamin A dan C, jambu biji juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin E, K, folat, magnesium, tembaga, niasin dan asam pantotenat yang bermanfaat dalam meningkatkan kadar sel darah merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Tempat Wisata di Indragiri Hilir