Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu - Kabupaten yang memiliki julukan Negeri Seribu Suluk berbatasan dengan dua provinsi, yakni Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Sumatera Barat. Sudah bisa dipastikan akulturasi budaya di Kabupaten Rokan Hulu menjadi lebih beragam, mulai dari adat dan istiadatnya. Selain itu Rokan Hulu juga memiliki beragam destinasi wisata, meskipun tidak memiliki wisata bahari tapi wisata alam lainnya juga tidak akan kalah dengan kota-kota lainnya yang ada di Provinsi Riau. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Riau, tepatnya di Kabupaten Rokan Hulu.

Air Panas Hapanasan

Layout dari obyek wisata Air Panas Hapanasan ini memang sangat cantik. Dengan dikeliling pepohonan yang rindang, adanya sungai yang mengalir dan juga ada beberapa kolam pemandian semakin membuat betah wisatawan. Air Panas Hapanasan ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur. Dan di dalam obyek wisata air panas ini juga ada Museum Kupu-Kupu dan penangkaran kupu-kupu yang sangat langka. Maka akan semakin menarik hari libur kamu yang kamu habiskan di Air Panas Hapanasan. Lokasi wisata ini tepatnya berada di Desa Pawan.

Air Panas Pawan

Lokasi dari sumber Air Panas Pawan ini benar-benar sangat asri, dihiasi pepohonan dan juga sungai kecil yang mengalir di pinggir sumber air panas. Yang cukup unik adalah sumber Air Panas Pawan itu tadi dialirkan ke sungai yang airnya dingin. Jadi sensasi yang luar biasanya yang akan kamu rasakan, kamu bisa merasakan air panas dan juga dingin secara bersamaan. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Pawan yang jaraknya hanya 9 km dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Air Terjun Aek Martua

Kebanyakan wisatawan yang datang di Air Terjun Aek Martua cukup takjub dengan keindahan air terjun dan juga panorama alamnya. Air Terjun Aek Martua memiliki 3 air terjun, mulai dari yang rendah hingga air terjun dengan ketinggian hampir 35 meter. Yang sangat menarik adalah di air terjun yang kedua, karena dengan kolamnya yang cukup luas membuat wisatawan suka bermain air dan menikmati inbdahnya panorama di Air Terjun Aek Martua. Tempat wisata di Riau ini memang salah satu andalan wisata Kabupaten Rohul, yang lokasinya berada di Kecamatan Bangun Purba.

Air Terjun Cipogas

Letak Air Terjun Cipogas jauh lebih dekat jika dibandingkan dengan lokasi Air Terjun Rura Pantasan. Udaranya cukup sejuk di areal air terjun dengan dikelilingi pepohonan yang rindang semakin membuat Air Terjun Cipogas begitu sedap dipandang. Adanya kolam di bawah air terjun semakin membuat wisatawan yang datang ingin merasakan segharnya air sungai. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Rambah, Desa Sialang Jaya yang hanya berjarak 8 km saja dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Air Terjun Rura Pantasan

Lokasinya yang berada di pedalaman membuat tempat wisata di Riau ini menjadi lebih terlihat alami. Tepatnya berada di Dusun Sungai Bungo, Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah. Meski di pedalaman suguhan panorama alamnya benar-benar memukau. Mulai dari perbukitan, hijaunya pepohonan hutan dan sungai yang mengalirkan air jernih. Air terjun Rura Pantasan ini memiliki beberapa tingkatan di dalam satu lokasi. Dan kesemuanya memiliki kolam yang cukup lebar untuk memanjakan wisatawan dengan berendam atau hanya sekedar bermain di bawah air terjun.

Bendungan Kaiti

Tepat berada di obyek wisata Danau Cipogas letak Bendungan Kaiti, dan bendungan ini begitu ramai digunakan wisatawan sebagai pemandian. Dan tak jarang wisatawan memiliki untuk menyususri sungai dari aliran Danau Cipogas. Cukup menyenangkan dengan menyusuri sungai kamu bisa menikmati panorama asri pepohonan dan juga perbukitan di sisi sungai.

Benteng Tujuh Lapis

Benteng yang dibangun oleh Tuanku Tambusai ini mnejadi pertahanan ketika perang melawan kolonial Belanda pada tahun 1838. Benteng Tujuh Lapis ini hanya merupakan gundukan tanah dengan ketinggian 11 meter. Dan di atas gundukan tersebut ditanami bambu berduri dan juga ada beberapa meriam di setiap sisi benteng. Namun kini gundukan bekas benteng itu semakin tidak terlihat, dan justru banyai ditumbuhi semak belukar. Situs sejarah yang menjadi tempat wisata di Riau ini seharusnya direnovasi atau dikembalikan seperti awal, agar lebih menarik minat wisatawan untuk datang. Lokasi Benteng Tujuh Lapis ini berada di Kecamatan Tambusai, tepatnya di Desa Dalu-Dalu.

Danau Cipogas

Tempat wisata di Riau ini menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Rokan Hulu. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan pusat Kota Pasir Pangaraian panorama alamnya juga sangat menjanjikan. Biasanya wisatawan akan menikmati keindahan danau dengan berkeliling danau menggunakan perahu bebek yang di sewakan di pinggir danau. Keindahan akan Bukit Haorpit begitu jelas ketika kamu berkeliling danau. Lokasi wisata Danau Cipogas ini tepatnya berada di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah.

Goa Huta Sikafir

Obyek wisata ini benar-benar akan memanjakan para pecinta alam terutama yang suka dengan kegiatan caving. Goa Huta SIkafir ini gabungan beberapa goa yang ada di dalam hutan yang lokasinya tidak begitu jauh dari sumber Air Panas Pawan. Bahkan ada sebagian dinding goa digunakan untuk olahraga panjat tebing. Tempat wisata di Riau ini tepatnya di Desa Pawan ini memiliki cukup banyak goa. Seperti goa landak, goa tupai, goa mata dewa, goa kulam, dan goa lepong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara sehat untuk mencegah menguningnya gigi

Tempat Wisata di Kampar yang Paling Bagus