Tempat Wisata di Indragiri Hilir

Tempat Wisata di Indragiri Hilir - Kabupaten Indragiri Hilir memiliki sejarah yang cukup panjang sebelum masa kolonial Belanda. Cukup banyak peralihan kekuasaan ketika masih dalam kerajaan. Mulai dari Kerajaan Keritang, Kerajaan Kemuning, Kerajaan Batin Enam Suku hingga Kerajaan Indragiri. selain memiliki seajrah yang menarik, Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki tempat-tempat wisata menari, dan salah satunya adalah Pantai Solop yang juga menjadi andalan tempat wisata di Riau.

Air Terjun 86

Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun 86 ini memang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki setidaknya selama 1 jam. Tapi tidak perlu khawatir, dalam perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam nan indah. Sesampainya di Air Terjun 86 rasa lelah kamu sudah pasti hilang. Dengan ketinggian air kurang lebih 30 meter dengan debit air cukup besar semakin membuat tempat wisata di Riau ini semakin memukau. Lokasi Air Terjun 86 ini berada di Kecamatan Kemuning, tepatnya di Desa Keritang Hulu.

Air Terjun Tembulun Rusa

Salah satu tempat wisata di Ria yang sangat cocok buat para petualang adalah Air Terjun Tembulun Rusa. Tepatnya berada di Kecamatan Ampar, Desa Kemuning, yang mengharuskan kamu berjalan kaki melewati perbukitan selama 1 hingga 2 jam. Selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam yang masih asri, begitu juga dengan Air Terjun Tembulun. Dengan kejernihan airnya yang terjun ke kolam se dalam 1,5 meter membuat wisatawan semakin betah menikmati keindahan alam sembari berendam

Bukit Berbunga

Selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam nan indah. Banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi dan juga dua sungai yang airnya cukup jernih akan mengiri perjalanan kamu ke Bukit Berbunga. Bukit berbunga memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl, udara yang cukup sejuk akan menyelimuti perbukitan yang dipenuhi bunga yang sangat cantik. Sangat wajar jika Bukjit Berbunga ini menjadi tempat wisata di Riau yang sering dikunjungi. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Keritang, Desa Batu Ampar.

Danau Taga Raja

Ada sedikit sejarah tentang Danau Taga Raja, yang dulunya dijadikan sebagai pemandian dan juga sebagai sumber air bersih untuk Kerajaan Kateman. Jadi sangat wajar, jika sekarang menjadi tempat wisata di Riau yang cukup cantik. Yang paling menarik adalah warna air danau yang nyaris berwarna biru layaknya Danau Toba. Cukup banyak wisatawan yang datang selain menikmati panorama danau yang indah dan juga memancing ikan tara yang cukup banyak di Danau Taga Raja. Lokasi Danau Taga Raja berda di Desa Guntung, Kecamatan Kateman.

Jembatan Teluk Mesjid

Bagi wisatawan luar Indragiri Hilir mungkin akan sangat terpukau dengan keindahan arsitektur Jembatan Teluk Mesjid. Apalagi ketika malam hari pantulan lampu dari air sungai memberikan efek cahaya yang sangat sempurna. Tak heran jika Jembatan Teluk Mesjid ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasi Jembatan Teluk Mesjid ini berada di Kecamatan Tembilahan.

Makam Syekh Abdurrahaman Siddiq

empat wisata di Riau berikutnya adalah wisata religi, yakni Makam Syekh Abdurrahman Siddiq. Beliau ini adalah ulama besar yang pernah mengajar di Masjidil Haram, hingga akhirnya kembali ke tanah air. Cicit dari ulama besar Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari juga sebagai seorang pujangga dan sastrawan. Beliau diangkat oileh Sultan Mahmud Shah Raja Muda Kerajaan Indragiri sebagai Mufti. Dan kini banyak peziarah yang mengunjungi makan beliau yang berada di Kecamatan Kuala Indragiri, tepatnya di Kampung Hidayat Sapat.

Pantai Solop

Inilah destinasi wisata andalan Kabupaten Indragiri Hilir dan menjadi salas satu tempat wisata di Riau yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Pesona pantai pasir putih yang berpadu dengan hutan bakau yang ada di pinggir pantai menjadi terlihat sangat menakjubkan. Yang semakin membuat Pantai Solop ini cantik adalah pepohonan yang ada di pinggir pantai dengan bunganya yang berwarna pink. Lokasi wisata Pantai Solop ini berada di Kecamatan Mandah, tepatnya di Desa Pulau Cawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh