Tempat Wisata Menarik di Kepulauan Meranti

Tempat Wisata Menarik di Kepulauan Meranti -  Kabupaten termuda di Provinsi Riau ini gabungan beberapa pulau-pulau sehingga membentuk sebuah Kabupaten Kepulauan Meranti. Bisa dipastikan Kepulauan Meranti menyimpan destinasi wisata bahari yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan tidak hern juga jika akhirnya Kepulauan Meranti menjadi penyumbang tempat wisata di Riau yang mengundang wisatawan cukup banyak tiap tahunnya. Dan berikut ini beberap tempat wisata di Kepulauan Meranti yang bisa membuat para wisatawan terpukau melihatnya.

Danau Pulau Padang

Eksotisme Danau Pulau Padang ini benar-benar bisa membius wisatawan dengan keindahan panoramanya. Danau yang berada di tengah-tengah hutan gambut ini cukup menyedot perhatian para wisatawan. Tempat wisata di Riau ini memang sudah menjadi ecotourism karena keragaman hayati yang ada di Pulau Padang. Kamu bisa menikmati keindahan danau dan panorama hutan gambut dengan menggunakan perahu. Bahkan ikan yang ada di dalam danau ini cukup besar-besar, bisa menjadi spot memancing yang sangat baik.


Desa Bokor

Desa ini sangat terkenal akan duriannya, dan bahkan ada pohon durian yang umurnya sudah ratusan tahun. Tidak hanya durian saja, tapi berbagai macam buah tersedia di Desa Bokor, seperti rambutan, manggis, buah naga, sunkis, dan lain-lain. Selain kamu bisa menikmati buah-buahan yang segar kamu juga bisa menikmati panorama hutan bakau. Kamu bisa mengelilingi hutan bakau dengan menggunakan perahu nelayan, cukup eksotis ketika berada di tengah-tengah hutan bakau. Tempat wisata di Riau ini memang mengundang banyak wisatawan yang wilayahnya masuk masuk di Kecamatan Rangsang Barat.


Klenteng Hoo Ann Kiong

Inilah cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Meranti yang cukup menyedot perhatian wisatawan. Diperkirakan Klenteng Hoo Ann Kiong ini dibangun sekitar tahun 1868 pada saat kolonial Belanda. Tempat wisata di Riau ini pada awalnya dibangun hanya seperti gubuk biasa dan akhirnya menjadi Kelnteng Hoo Ann Kiong yang kini menjadi destinasi wisata budaya yang sangat menarik di pusat Kota Selatpanjang, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Kolam Telaga Bening

Tempat wisata di Riau berikut ini berada di pusat Kota Selatpanjang jad terkadang begitu ramai dikunjungi warga lokal yag ingin beristirahat. Lokasinya yang berada di pusat kota menjadi tempat yang benar-benar bisa menenangkan. Kamu bisa bersantai di pinggir kolam yang telah difasilitasi oleh pemerintah, dan menikmati riak air kolam.

Pantai Beting Beras

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Meranti. Pasir putihnya dan birunya air laut benar-benar memukau wisatawan yang datang. Dan yang cukup menarik adalah ketika airnya surut hamparan pasir putihnya menjadi semakin luas dan banyak wisatawan yang melakukan berbagai aktifitas, seperti bermain bola dan lain-lain. Tempat wisata di Riau ini pada hari-hari tertentu sering diadakan Festival Jung Titis atau lomba kapal layar.

Pantai Ceria

Mungkin bisa dikatakan sebagai pantainya para nelayan, karena di Pantai Ceria ini cukup banyak perahu nelayan yang bersandar. Tapi tetap memiliki pesona layaknya pantai-pantai cantik lainnya. Kamu bisa menikmati sunrise yang cukup memukau di Pantai Ceria. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Pulau Merbau.

Pantai Motong

Meskipun pantai ini terkena abrasi yang cukup parah, tapi tetap bisa menjadi tempat wisata yang cukup menarik. Kamu bisa menikmati hembusan angin di kala senja smebari menikmati redupnya sang matahari dan kamu juga bisa bermain air atau pasir pantai. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berapa di Kecamatan Rangsang Barat, Desa Permai.

Pantai Rangsang

Sesuai dengan namanya Pantai Rangsang, benar-benar mampu merangsang para wisatawan untuk datang. Sajian pasir putih dan panorama keindahan pantainya mampu memikat hati para wisatawan. Meskipun tempat wisata di Riau ini terkena abrasi yang lumayan parah tapi ada sebagian pantainya yang masih memiliki pesona indahanya. Wisatawan akan dimanjakan dengan apsirnya yang putih bersih dan juga birunya air laut yang mengundang untuk diceburi. Lokasi Pantai Rangsang ini berada di Desa Tanjung Kelabu yang tidak begitu terkena dampak abrasi.

Pulau Dedap

Ada sebuah cerita legenda yang hampir mirip dengan cerita Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu. Dan kali ini Si Dedap yang druhaka sama ibunya disumpahi oleh ibunya dan akhirnya menjadi Pulau Dedap. Yang cukup unik yang ada di Pulau Dedap ini adalah adanya pohon manga yang memiliki dua batang yang satunya ke arah laut dan satunya ke darat. Dan kedua batang tersebut memiliki rasa yang berbeda, yang ke arah laut rasanya sangat asam dan yang di darat rasanya sangat manis. Dan ini menjadi sebuah gambaran dari cerita tersebut. Tempat wista di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Putri Puyu, Desa Dedap.

Taman Cik Puan

Inilah tempat yang memiliki sejarah kuat bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. Di Taman Cik Puan inilah proses pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti dari Kabupaten Bengkalis melibatkan banyak masa yang ada di Taman Cik Puan. Lokasinya yang berdekatan dengan Kolam Telaga Bening menjadi tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah sejarah proses pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir