Tempat Wisata di Pelalawan Yang Bisa Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Pelalawan Yang Bisa Anda Kunjungi - Kabupaten Pelalawan memiliki sejarah yang cukup panjang dulunya, bahkan seperti nama Kabupaten Pelalawan itu diambil dari nama Kerajaan Pelalawan. Dan Kerajaan Pelalawan ini dulu pernah Berjaya pada tahun 1725 dan sangat terkenal dengan dengan Rajanya Sultan Syed Abdurrahman Fachrudin. Terlepas dari sejarahnya, Pelalawan juga menyimpan cukup banyak tempat wisata selain wisata sejarah. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Riau tepatnya yang berada di Kabupaten Pelalawan.

Danau Betung

Pesona alam di Danau Betung memang cukup eksotis, airnya yang begitu bersih dan berdekatan dengan hutan adat, yakni Hutan Kepungan menjadikan Danau Betung semakin indah dipandang. Lokasi danau yang berada di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, juga menjadi Pusat Budaya Petalangan. Seperti berbagai macam tradisi upacara adat masih dilaksanakan di Desa Betung. Selain itu juga ada kerajinan tangan dari rotan yang sangat khas yang juga dibuat oleh warga Desa Betung. Danau Betung ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menyedot perhatian wisatawan.

Danau Kajuit

Inilah salah satu wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Pelalawan, Danau Kajuit atau Danau Tajwid. Cukup lengkap fasilitas yang ada di Danau Kajuit, misalnya seperti speedboat, banana boat, dan juga perahu bebek disediakan untuk wisatawan. Dan kamu juga bisa bersantai di kafe-kafe pinggir danau sembari menikmati semilir angin berpadu dengan panoram Danau Kajuit. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Langgam.

Istana Sayap Pelalawan

Tempat wisata di Riau ini telah menjadi cagar budaya yang awalnya dibangun pada tahun 1886 dan hingga kini masih berdiri kokoh. Meskipun ada perbaikan di beberapa bagian istana. Dari sisi lokasi Istana Sayap Pelalawan ini berada di tengah-tengah aliran sungai. Di dalam Istana Sayap Pelalawan ini banyak tersimpan barang-barang peninggalan, seperti senjata keris, tombak, dan berbagai barang-barang peninggalan  lainnya di tempatkan di ruang tengah istana. Lokasi Istana Sayap Pelalawan ini bisa kamu temui di Desa Pelalawan.

Komplek Makan Raja Pelalawan

Salah satu cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Pelalawan adalah Komplek Makam Raja Pelalawan. Cukup banyak wisatawan yang datang biasanya untuk berziarah dan dihari-hari tertentu memang cukup ramai dikunjungi para peziarah. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan.

Masjid Agung Ulul Azmi

Arsitektur dari Masjid Agung Ulul Azmi ini benar-benar sangat megah dan memang sangat tepat jika dijadikan sebagai wisata religi di Kabupaten Pelalawan. Di masjid ini cukup sering diselenggarakan kegiataan keagamaan. Selain dipergunakan sebagai tempat peribadahan juga difungsikan sebagai Islamic Center yang menjadi pusat pembelajaran agama Islam yang berada di pusat Kota Pangkalan Kerinci.

Ombak Bono

Inilah tempati wisata di Riau yang menjadi andalan Kabupaten Pelalawan karena cukup banyak mendatangkan turis asing, khususnya peselancar professional. Cukup unik memang di sungai bisa memiliki ombak yang begitu besar seperti di pantai-pantai Pulau Nias. Dan konon katanya Ombak Bono yang ada di Teluk Meranti ini adalah ombak terlama. Jadi tidak heran jika banyak surfer professional dunia berdatangan di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Suaka Margasatwa Kerumutan

Satu lagi obyek wisatawa yang cukup menarik adalah Suaka Margasatwa Kerumutan. Cukup banyak wisatawan yang datang ingin menikmati panorama hutan yang dipadu dengan sungai. Kamu bisa mengelilingi hutan lindung dengan menggunakan perahu motor milik warga yang cukupmurah untuk menyewanya. Sajian akan keasrian alam dan juga kekayaan ikan di sungai menjadi daya tarik tersendiri di Suaka Margasatwa Kerumutan. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Kerumutan.

Taman Publik Kreatif

Salah satu alternatif tempat wisata di Kabupaten Pelalawan adalah Taman Publik Kreatif yang berada tepat di depan Kantor Bupati Pelalawan. Dibangunnya Taman Publik Kreatif ini memang diperuntukan sebagai tempat untuk segala macam pertunjukan seni dan budaya. Dan juga sebagai tempat untuk masyarakat dan kawula mudah menujukkan kreatifitasnya. Taman Publik Kreatif ini menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Kabupaten Pelalawan yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Wisata Tesso Nilo

Satu lagi andalan destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pelalawan adalah Taman Wisata Tesso Nilo yang menjadikannya tempat wisata di Riau yang cukup favorrit bagi wisatawan. Para wisatawan bisa menikmati flora dan faunan di taman wisata ini. Berbagai macam fauna hidup liar di Taman Wisata Tesso Nilo. Misalnya seperti  gajah, harimau Sumatra dan satwa-satwa lainnya. Yang paling menyenangkan adalah kamu bisa menikmati panorama hutan dari sungai dengan menggunakan perahu atau masuk ke dalam hutan dengan menaiki gajah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir