Tempat Wisata di Kampar yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Kampar yang Paling Bagus - Lokasi Kabupaten ini yang berbatasan secara langsung dengan Provinsi Sumatera Barat memungkinkan kebudayaannya sangat terpengaruh dengan Minangkabau. Kabupaten Kampar juga menjadi salah satu penyumbang tempat wisata di Riau yang cukup menarik. Dan yang cukup terkenal adalah Candi Muara Takus. Salah satu cagar budaya dari peninggalan Sriwijaya, tapi juga masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga sangat menarik untuk dikunjungi.


Air Terjun Alahan

Eksotisme Air Terjun Alahan benar-benar mampu memukau para wisatawan yang datang. Keragaman hayati yang ada di lokasi air terjun membuat mata wisatawan semakin berbinar. Air Terjun Alahan yang berada di hulu Sungai Kampar wajib dikunjungi, selain airnya yang segar air terjun ini bisa di panjat dengan bantuan tali. Tetapi ketika airnya tidak terlalu deras, dan kamu bisa mencobanya. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar.

Air Terjun Batang Kapas

Inilah salah satu tempat wisata di Riau yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Kampar. Air Terjun Batang Kapas ini memiki keindahan yang sangat memukai. Dengan ketinggian 150 meter dan juga kolam di bawahnya dan sungainya yang eksotis mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Meskipun lokasinya juga agak lumayan dan harus berjalan kaki dari desa terdekat tapi tetap tidak akan menyurutkan niat wisatawan untuk melihat air terjun terindah ini. Bahkan wisatawan juga bisa menaiki bukit tepat di atas Air Terjun Batang Kapas. Untuk lokasi Air Terjun Batang Kapas ini berada di Desa Lubuk Bigau, Kampar Kiri Hulu.

Air Terjun Batu Dinding

Lokasi Air Terjun Batu Dinding ini berada di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri yang juga berada di dekat lokasi Desa WIsata Batu Dinding. Tergolong cukup jauh dari desa terdekat, kamu harus berjalan selama 30 menitan untuk sampai di Air Terjun Batu Dinding. Tapi pesona alamnya benar-benar memukau, banyaknya pepohonan besar yang dibalut udara nan sejuk akan mengiringi kamu. Sesampainya di air terjun kamu akan terpukau dengan kejernihan airnya dan kolamnya yang sangat lebar, akan memanjakan hari libur kamu. Tak heran jika Air Terjun Batu Dinding menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang masih terjaga keasriannya.

Air Terjun Merangin

Keasrian Air Terjun Merangin sangat terlihat, mulai dari pepohonan yang ada di pinggirnya yang begitu rindang dengan kolamnya yang lumayan lebar benar-benar memanjakan wisatawan. Kamu bisa bersanatai di pinggir air terjun sembari menikmati ketenangan dan jauh dari kebisingan kota. Kamu juga bisa nge-camp di area Air Terjun Merangin agar bisa lebh menyatu denganalam. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Bangkinang Barat di Desa Merangin.

Air Terjun Panisan

Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Panisan memang harus menggunakan perahu melewati Sungai Kampar setidaknya 8 km. Tapi selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama perbukitan dan hutan yang hijau dan masih asri. Sesampainya di Air Terjun Panisan kamu akan terpukau oleh keindahan air terjun yang masih sangat alamai. Dengan banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi semakin menakbah eksotisme Air Terjun Panisan. Belum lagi kejernihan airnya dan juga kolam di bawah air terjun yang mengundang wisatawan untuk berenang. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XII Koto Kampar, di Desa Tanjung.


Air Terjun Pulo Simo

Akses untuk menuju lokasi tempat wisata di Riau, tepatnya di Kecamatan XII Koto Kampar, Desa Tanjung Alai ini sangatlah mudah. Dan kamu tidak perlu jalan jauh berkilo-kilometer untuk mencapai lokasi Air Terjun Pulo Simo. Keindahan akan panorama air terjun ini sangatlah indah dan juga masih asri. Air Terjun Pulo Simo memiliki air yang sangat jernih, dengan ketinggian 12 meter dan adanya kolam yang lebar sedalam 5 meter akan membuat para wisatawan yang datang semakin dimanjakan.

Air Terjun Sungai Osang

Tempat wisata di Riau ini menjadi salah satu favorit para wisatawan, karena lokasinya mudah diakses dan juga terdapat pemandian air panas di dekat Air Terjun Sungai Osang. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan XII Koto Kampar dan di Desa Koto Tuo. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, tapi kolamnya yang besar serta berpasir agak putih inilah yang mampu memikat wisatawan untuk datang. Kamu bisa bersantai di pinggir kolam dibawah rindangnya pepohonan atau hanya sekedar berendam di bawang Air Terjun Sungai Osang.

Bumi Perkemahan Desa Gema

Jika kamu ingin menikmati alam pedesan yang sangat indah maka datanglah di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri yang juga berdekatan dengan Desa Wisata Batu Dinding. Panorama alamnya begitu memuka, hamparan rerumputan nan hijau di samping hutan yang rindang dan sungai yang jernih menjadi sajian utama yang tak terlupakan. Sangat wajar jika Bumi Perkemahan Desa Gema ini menjadi tempat wisata di Riau yang mampu mendatangkan banyak wisatawan. Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan Air Terjun Batu Dinding yang masih terjaga keasriannya.

Bukit Naang

Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Bangkinan, Kelurahan Pasir Sialang telah menjadi wisata andalan Kabupaten Kampar. Hampir semua wahana bermain tersedia di Bukit Naang. Seperti flyng fox, waterboom, jembatan gantung, danau buatan dan masih banyak lagi. Destinasi wisata yang benar-benar cocok buat keluarga karena hampir segala fasilitas tersedia di Bukit Naang.

Candi Muara Takus

Tidak hanya Jogja dan Magelang saja yang memiliki Candi, tapi di Kabupaten Kampar pun juga memiliki Candi Budha. Candi Muara Takus menjadi andalan tempat wisata di Riau khususnya Kabupaten Kampar. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 7 hingga abad 11 pada masa kejayaan Sriwijaya. Obyek wisata yang sudah ditetap sebagai warisan dunia oleh UNESCO ini hampir tidak pernah sepi pengunjung ketika hari libur. Lokasinya yang berada di Kecamatan XII Koto Kampar, Desa Muara Takus cukup mudah untuk mendatanginya.

Danau PLTA Koto Panjang

Meskipun danau ini bukan danau alami melainkan danau buatan yang berfungsi sebagai PLTA tapi keindahannya benar-benar mengagumkan. Cukup banyak wisatawan berdatangan yang ingin menikmati keindahan danau berhias perbukitan nan hijau dengan berkeliling menggunakan perahu. Banyak juga wisatawan yang nge-camp di sekitaran danau sembari menikmati panorama danau. Selain itu wisatawan juga bisa menajajal flying fox yang ada di perbukitan. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, dan di Desa Tanjung Alai.

Hutan Wisata Rimbo Terantang

Kawasan Hutan Wisata Rimbo Terantang memiliki cukup banyak flora begitu juga dengan fauna yang menghuni hutan lindung di Desa Padang Lawas ini. Hutan WIsata RImbo Terantang memang menjadi tempat wisata di Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu akan merasa lebih dekat dengan alam menikmati keheningan hutan dengan menyusuri sungai yang di dalam hutan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Cara sehat untuk mencegah menguningnya gigi

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh