Tempat Wisata di Indragiri Hulu yang Paling Menarik

Tempat Wisata di Indragiri Hulu yang Paling Menarik - Ketika pertama kali kamu menapakkan kaki di Indragiri Hulu mungkin kamu akan terpesona dengan kebersihan pusat kotanya, yakni di Rengat. Inilah kota terbersih yang ada di Provinsi Riau, dan yang lebih spektakulernya lagi di Ibu Kota Rengat tingkat kemiskinannya sangat rendah, yakni hanya 2% saja. Sudah bisa dipastikan Indragiri Hulu sangat fokus terhadap potensi wisata yang ada. Bisa jadi ke depannya obyek wisata di Inhu menjadi tempat wisata di Riau yang sangat wajib untuk dikunjungi.


Air Terjun Kembar Denalo

Tempat wisata di Riau ini memiliki keindahan alam yang masih sangat asri seperti pepohonan yang begitu lebat yang mengelilingi Air Terjun Kembar Denalo. Air terjun ini memang sangat terkenal dengan air terjun kembarnya. Dengan ketinggia sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang cukup lebar membuat banyak wisatawan yang datang berdecak kagum. Tapi wisatawan memang harus hati-hati karena kolamnya memiliki kedalaman sekitar 10 meter. Lokasi wisata Air Terjun Kembar Denalo ini berada di Kecamatan Batang Cenaku, tepatnya di Desa Alim.

Air Terjun Granit

Destinasi wisata ini cukup menarik yang ada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Jadi adnya Air Terjun Granit akan semakin melengkapi obyek wisata di TNBTP. Meskipun air terjun ini dikarenakan dampak dari penambangan batu granit, tapi tetap saja tetap indah. Bahkan kamu bisa memanjat hinggi beberapa tingkat sembari menikmati segarnya air terjun. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Batang Gansal, dan di Desa Talang Langkat.

Citra Waterpark Sei Lalak

Salah satu andalan tempat wisata di Riau, khususnya Kabupaten Indragiri Huluadalah Citra Waterpark Sei Lalak. Bahkan banyak warga lokal menyebutnya dengan Ancol Mini. Segala fasilitas benar-benar tersedia di obyek wisata ini. Mulai dari permainan anak-anak, wahana air, tempat istirahat, maupun peribadahan juga di sediakan di dalam Citra Waterpark Sei Lalak. Destinasi wisata andalan Indragiri Hulu ini memang sangat terawatt dan bahkan ke depannya nanti akan semakin lengkap layaknya Ancol di Jakarta.

Danau Arang

Meskipun Danau Arang ini terbentuk bukan karena roses alam, tapi kubangan besar bekas pertambangan. Tapi uniknya adlaha warna air danau yang kebiruan yang membuatnya semakin terlihat eksotis. Dan tak jarang banyak anak muda yang mengunjungi tempat wisata di Riau tepatnya berada di Kecamatan Seberida, dan di Desa Sei Arang sebagai spot selfie terbaik. Dan untuk aksesnya juga sangat mudah, bahkan mobil pun juga bisa masuk ke area Danau Arang.

Danau Menduyan

Memang masih belum dikelola secara maksimal jadi masih terlihat sangat alami. Banyak warga memanfaatkan Danau Menduyan sebagai tempat untuk berwisata keluarga. Seperti aktifitas memancing atau hanya sekedar bersantai di pinggir danau menikmati semilir angin. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Koto Lama, Kecamatan Rengat.

Danau Raja

Berbeda dengan Danau Menduyan, tempat wisata di Riau yang satu ini memang dikelola dengan sangat baik. Danau Raja, konon katanya dulu sebagai tempat pemandian Kerjaaan Indragiri. Jadi tidak heran hingga kini danau ini memiliki air yang cukup bersih kadang terlihat hijau menyejukkan. Didukung dengan kebersihan sekitar danau menjadikannya destinasi wisata yang sangat menarik yang berada di Kampung Dagang, Kecamatan Rengat.

Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri

Hampir sama dengan Makam Raja yang ada di Imogiri, Jogja. Kompleks Makam Raja-raja Indragiri ini juga menjadi destinasi wisata sejarah di Indragiri Hulu. Setidaknya kita bisa belajar sejarah akan Kerajaan Indragiri yang pernah berjaya. Di kompleks makam tersebut juga ada makam Raja Narasinga II dan juga putranya Sultan Usuluddin. Dan lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat.

Masjid Raya Peranap

Tempat wisata di Riau berikut ini cukup unik, Masjid Raya Peranap namanya. Masjid ini dirancang oleh oran Tinghoa yang telah memeluk agama Islam. Makanya tidak heran jika design dari Masjid perpaduan antara budaya Cina dengan Melayu. Masjid Raya Peranap ini dibangun pada tahun 1883 dan hingga kini belum ada yang diganti dan masih berdiri kokoh. Dan uniknya lagi di lantai dua ada Gong Tua yang sedikit berbau mistis, konon katanya jika mau ada bencana Gong Tua ini berbunyi sendiri sebagai tanda akan terjadi bencana.

Rumah Tinggi (Balai Adat Melayu)

Salah satu cagar budaya yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu ini adalah peninggalan dari Kerajaan Indragiri. Dan hingga kini masih bersidiri sangat kokoh dengan arsitektur khas Melayu dengan atap yang berbentuk limas, dengan tiang panggung. Tempat wisata di Riau ini menyimpan cukup banyak benda-benda peninggalan Kerajaan Indragiri, misalnya seperti photo hitam-puth, berbagai senjata dan juga meriam. Lokasi wisata cagar budaya ini berada di Kecamatan Rengat, tepatnya di Kampung Bersar.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Tempat wisata di Riau ini benar-benar menjadi andalan Kabupaten Indragiri Hulu. Kamu tidak hanya sekedar menikmati perbukitan dengan hamparan pohon nan hijau saja. Tapi yang paling menakjubkan adalah perjalanan yang melewati sungai. Kamu akan disuguhi panorama hutan yang benar-benar asri, dengan sungai yang bersih dengan dihiasi bebatuan besar di pinggir. Lokasi wisata Tamanan Nasional Bukit Tiga Puluh ini berada di Kecamatan Rengat Barat, tepatnya di Desa Rantau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir