Tempat Terindah wisata di Kuantan Singingi (Kuansing)

Tempat Terindah wisata di Kuantan Singingi (Kuansing) - Kabupaten Kuantan Singingi atau lebih dikenal dengan Kuansing ini sebagai daerah perantauan orang-orang Minangkabau. Jadi adat istiadatnya sangat kental layaknya budaya Minangkabau. Di sisi lainnya Kuansing menyimpan banyak destinasi wisata yang belum dieksplore lebih lanjut. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Riau, tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi yang sangat layak untuk dikunjungi.

Air Panas Sungai Pinang

Kolam Air Panas Sungai Pinang ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun sangat disayangkan kurangnya perawatan menjadikan obyek wisata ini sepi. Jika dikelola lebih baik akan sangat memungkinkan menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik. Karena lokasinya pemandian yang memiliki panorama masih asri akan semakin membuat betah para wisatawan untuk berendam. Lokasi wisata Air Panas Sungai Pinang ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik.

Air Terjun Anak Sungai Kandi

Lokasi tempat wisata di Riau ini berada di tengah-tengah hutan, sangat cocok bagi suka berpetualang. Dengan berjalan kaki kamu akan disuguhi hutan yang cukup lebat yang membutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan. Sesampainya di Air Terjun Anak Sungai Kandi rasa lelah akan benar-benar hilang, suguhan 2 air terjun dengan airnya yang jernih mengundang kamu untuk segera berendam. Air terjun yang bawah tidak begitu tinggi, dan yang satunya hampir 30 meter tingginya. Dan lokasi Air Terjun Anak Sungai Kandi ini memang sangat cocok buat nge-camp. Tempat wisata Air Terjun Sungai Kandi ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik, tepatnya Desa Sungai Kelelawar.

Air Terjun Anak Sako

Perjalanan kamu akan sangat menyenangkan, kamu harus melewati hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Tapi tidak perlu khawatir karena treknya tidak begitu sulit untuk dilalui dan juga hanya beberapa menit saja sudah sampai. Keindahan dari Air Terjun Anak Sako adalah airnya yang berwarna hijau dengan kolamnya yang begitu besar akan memanjakan kamu untuk berenang atau berendam. Dihiasi pepohonan yang sangat lebat semakin membuat Air Terjun Anak Sako semakin adem. Tempat wisata di Riau ini berada di Kecamatan Hulu Kuantan, tepatnya di Desa Sungai Kelelawar.

Air Terjun Batang Ogan

Destinasi wisata yang satu ini benar-benar memukau hanya rasa gembira dan kagum saja yang akan kamu rasakan. Meskipun aksesnya bisa dibilang cukup sulit harus melewati perkebunan sawit, sungai dan juga lembah. Tapi rasa lelah benar-benar terbayar keti sampai di Air Terjun Batang Ogan. Yang unik adalah ada dua kolam besar yang satu di atas air terjun dan yang satunya di bawah air terjun yang dikelilingi bebatuan besar atau ngarai. Airnya yang sangat jernih yang berwarna hijau kebiruan semakin mengundang wisatawan untuk nyebur. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan.

Air Terjun Batu Gajah

Sebenarnya tempat wisata di Riau yang satu ini lebih mirip pemandian alami atau sungai yang masih sangat alami. Air Terjun Batu Gajah tidak tinggi mungkin hanya kisaran 2 meteran saja. yang paling menarik adalah panorama alam sekitar dan air sungainya yang sangat jernih. Sangat cocok jika kamu menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet atau hanya pelampung ban. Lokasi wisata Air Terjun Batu Gajah ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik, tepatnya di Desa Cengar.

Air Terjun Dangku

Kesan alami benar-benar melekat pada Air Terjun Dangku. Pepohonan besar menjulang tinggi, bebatuan yang berada di pinggiran sungai semakin menambah eksotisme Air Terjun Dangku. Yang cukup unik adalah adanya batang kayu besar yang melintang di air terjun. Kayu inilah yang menjadi spot terbaik wisatawan untuk selfie. Tempat wisata di Riau ini sekarang semakin ramai dikunjungi wisatawan, karena aksesnya bisa dibilang cukup mudah. Lokasi wisata Air Terjun Dangku ini berada di Kecamatan Pucuk Rantau, tepatnya di Desa Lubuak Ramo.

Air Terjun Guruh Gemurai

Yang paling mengesankan di Air Terjun Guruh Gemurai ini adalah tingkatan air terjunnya, yang membuat greget wisatawan ingin menaiki tingkat paling tinggi. Alam sekitar air terjun yang masih asri semakin menambah eksotisme Air Terjun Guruh Gemurai. Untuk akses lokasi ke tempat wisata di Riau ini juga cukup mudah dan tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Kuantan Mudik, Desa Kasang.


Air Terjun Hulu Lombu

Destinasi wisata yang benar-benar hanya untuk wisatawan yang suka petualangan, karena lokasinya cukup jauh dari desa terdekat dan hanya bisa berjalan kaki. Tetapi pemandangan alamnya benar-benar sangat indah di perjalanan. Kamu melewati perkebunan sawit dan juga hutan yang masih terjaga keasriannya. Air Terjun Hulu Lombu memiliki dua air terjun, yang di bawah tidak begitu tinggi yang satunya memiliki ketinggian hingga 30 meter. Keindahan akan air terjun dan panorama alamnya tidak perlu diragukan, karena memang sangat indah dan alami. Kamu juga bisa nge-camp di area Air Terjun Hulu Lombu. Lokasi tempat wisata di Riau yang alami ini tepatnya di Kecamatan Singingi, Kelurahan Hulu Lombu.

Air Terjun Ongau

Kuansing memang sangat kaya akan air terjunnya dan kebanyak berada di Kecamatan Singingi. Dan Air Terjun Ongau ini memiliki pesona yang sedikit berbeda, terkadang airnya yang berada di kolam berwarna biru. Meskipun air terjunnya yang tidak begitu tinggi dan kolamnya juga tidak lebar. Tapi pesona akan jernihnya air inilah yang mampu mendattangkan wisatawan. Untuk mencapai tempat wisata di Riau ini kamu harus sedikit tracking, tapi tidak akan lelah karena suguhan panorama alam yang memukau di Desa Gunung Balai, Kecamatan Singingi.

Air Terjun Simacang

Destinasi wisata Air Terjun Simacang ini tergolong masih baru dan menambah tempat wisata di Riau yang wajib dikunjungi. Air Terjun Simacang memiliki kolam yang begitu lebar, jadi para wisatawan bisa bermain sepuasnya di kolam. Mulai dari berenang, berendam, atau bersantai di atas pelambung ban. Pepohonan besar dan menjulang tinggi semakin membuat Air Terjun Simacang ini sangat teduh dan sepertyinya juga sangat cocok buat nge-camp di pinggi kolamnya. Lokasi wisata Air Terjun Simacang ini berada di Kecamatan Singingi, tepatnya berada di Desa Pulau Padang.

Lubuak Pualin

Lokasinya tidak begitu jauh dari Lubuak Batu Bobok yang masih berada di dalam satu Desa Petai. Kamu bisa menyusuri Lubuak Pualin menggunakan perahu karet atau ban untuk menikmati keindahan hutan yang masih sangat asri. Suguhan pepohonan besar, air sungai yang jernih, ornamen bebatuan di pinggi sungai, dan udara sejuk menjadi sajian utama Lubuak Pulain. Tempat wisata di Riau ini memang belum ramai dikunjungi wisatawan,jadi alamnya benar-benar masih asri.

Pacu Jalur

Inilah tradisi yang dimulai dari abad 17 dan hingga kini masih dilestarikan. Dan justru mengundang banyak wisatawan yang datang. Tak hanya wisatawan domestik tapi cukup banyak wisatawan asing yang datang ke Kabupaten Kuansing. Pacu Jalur atau lomba balap perahu tradisional ini biasanya diadakan di Sungai Batang Kuantan. Pacu Jalur ini biasanya diselenggarakan pada bulan-bulan tertentu dan hingga kini Sungai Batang Kuantan telah menjadi tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Jalur Teluk Kuantan

Lokasinya yang berada di pusat Kota Teluk Kuantan menjadikan Taman Jalur Teluk Kuantan sebagai pusat peradaban Kabupaten Kuansing. Taman ini juga berdekatan dengan Teluk Kuantan yang biasanya dipergunakan untuk perlombaan balap perahu tradisional. Taman Jalur Teluk Kuantan menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Kuansing. Yang cukup menarik adalah ketika malam hari, keindahan akan Kota Teluk Kuantan sangat terlihat sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir