Tempat Terindah dan Patut DIkunjungi Wisata di Siak

Tempat Terindah dan Patut DIkunjungi Wisata di Siak - Kabupaten Siak menjadi Kabupaten terkaya nomor dua di Provinsi Riau setelah Kabupaten Bengkalis. Hasil utama Kabupaten Siak adalah minyak bumi yang akhirnya bisa mengantarkannya menjadi Kota Terkaya kedua. Di sisi lainnya, saat ini Kabupaten tengah menggenjot sektor pariwisata agar lebih banyak ladi mendapatkan PAD dari sektor pariwisata. Dan berikut ini obyek wisata yang ada di Siak yang ikut menyumbang tempat wisata di Riau yang sangat layak untuk dikunjungi.

Balai Kerapatan Tinggi

Bangunan yang dibangun pada tahun 1886 ini masih berdiri kokoh hingga kini, meskipun tetap ada bagian yang direnovasi. Tetapi sebagian arsitekturnya masih asli seperti tangga depan di buat tinggi karena dulu sistem transportasi melalui sungai. Dulu Balai Kerapatan Tinggi dipergunakan sebagai tempat bermusyawarah, untuk pengadilan, dan juga untuk penobatan raja. Tetapi kini lebih difungsikan sebgai museum. Aura kemegahan sangat terasa ketika memasuki ruangan dengan banyaknya barang-barang peninggalan serta diorama yang ada di lantai dua. Tempat wisata di Riau ini berada tepat di pinggir Sungai Siak yang berhadapan dengan muara Sungai.

Danau Zamrud

Uadara yang sangat sejuk, suasana yang asri, panorama yang sangat indah itulah yang menjadi suguhan utama Danau Zamrud yang masuk di dalam kawasan konservasi flora dan fauna. Tidak hanya wisatawan domestik saja yang berkunjung di danau ini, tapi banyak wisatawan asing yang berdatangan karena eksotisme Danau Zamrud yang sangat menggoda. Kamu bisa menikmati flora dan fauna yang ada, mulai dari harimau Sumatera, burung Serindit yang langka, ikan arwana merah dan juga emas juga ada di kawasan Danau Zamrud. Tempat wisata di Riau ini sangat wajib kamu kunjungi, lokasi tepatnya berada di Desa Zamrud, Kecamatan Siak.

Ekowisata Mangrove Mengkapan

Eksotisme sangat terasa ketika kamu mulai memasuki Ekowisata Mangrove Mengkapan yang tepat berada di pinggir sungai. Tumbuhan mangrove yang begitu lebat menjadi terasa sejuk meskipun berada di pinggir sungai. Yang cukup unik adalah ada papan Gembok Cinta Mangrove ya hampir menyerupai Gembok CInta di Paris lahh. Tidak hanya eksotisme saja yang disuguhkan Ekowisata Mangrove Mengkapan ini, tapi suasana romantis juga sangat terasa. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Sungai Apit, Mengkapan.

Ekowisata Mangrove Sungai Rawa

Hampir sama seperti Ekowisata Mangrove Mengkapan, yang sedikit berbeda adalah kamu bisa menggunakan perahu untuk mengelilingi hutan mangrove. Suasana yang cukup asri memang menjadi sajian utama di EKowisata Mangrove Sungai Rawa. Di tempat wisata di Riau ini, tepatnya di Kampung Sungai Rawa kamu juga bisa memancing ikan, yang konon katanya cukup banyak ikan besarnya.

Hutan Kota Arwinas

Kabupaten Siak memang sedang menggalakkan Ruang Terbuka Hijau dan salah satunya membuat hutan kota. Penggagas adanya Hutan Kota Arwinas ini adalah Bupati terdahulu yang bernama Arwin AS dan akhirnya namanya didedikasikan untuk beliau. Adanya hutan kota ini bisa dijadikan sebagai edukasi tentang pengenalan flora pada anak-anak. Selain itu Hutan Kota Arwinas ini menambah tempat wisata di Riau yang memang wajib untuk dikunjungi, yang lokasinya berapa di Kecamatan Siak.

Istana Siak Sri Inderapura

Inilah Istana dari Kesultanan Siak yang dibangun pada tahun 1889 yang memiliki julukan Istana Asherayah Al Hasyimiyah. Kesultanan Siak ini memang menjadi Kerajaan Islam terbesar pada kisaran abad 16 hingga 18. Istana Siak Sri Inderapura ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Dan selain mengagumi arsitektur istana, wisatawan juga ingin melihat alat musik klasik yang dinamakan Komet. Hanya ada dua saja alat musik tersebut di dunia, di Indonesia yakni di Siak dan satunya lagi di Jerman.


Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Selain Istana Siak, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah ini juga menjadi ikon Kabupaten Siak. Jika kamu datang ke Siak tapi tidak mengunjungi jembatan ini, itu bisa diartikan kamu belum pernah ke Siak. Arsitekturnya yang sangat cantik sangat terlihat ketika malam hari bersamaan berpijarnya lampu-lampu semakin menghisasi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan yang sangat ikonik ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering digunakan sebagai spot photography terbaik.

Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal ini tidak terbuat dari kayu tetapi hampir semuanya terbuat dari besi hingga beratnya mencapai 15 ton dan panjang dari Kapal Kato ini 12 meter. Kamu bisa melihat Kapal Kato Kesultanan Siak dari dekat ketika mengunjungi Istana Siak, karena Kapal Kato berada di komplek taman Istana. Adanya Kapal Kato Kesultanan SIak ini menambah daftar tempat wisata di Riau terutama di Kabupaten Siak.

Kelenteng Hock Siu Kiong

Tingkat toleransi antar umat beragama dan juga antar ras sudah terjalin sejak masa Kerajaan Siak Inderapura. Dan inilah salah satu bukti kerukunan bahwa ada Kelenteng Hock Siu Kiong yang sudah berdiri selama 119 tahun. Dan ketika itu Sultan Syarif Kasim II menjalin kerjasama dalam bidang perdagangan dengan etnis Tionghoa. Kelenteng Hock Siu Kiong ini sudah menjadi cagar budaya dan juga tempat wisata di Riau tepatnya di Kampung Dalam, Kecamatan Siak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir