Tempat-Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Indah

Tempat-Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Indah - Inilah Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru yang menjadi pusat perdagangan yang sangat maju. Apalagi didukung dengan kondisi geografisnya sebagai kota yang dilalui jalur lintas Sumatera semakin membuat Kota Pekanbaru maju lebih pesat. Begitu juga dengan sektor pariwisata, cukup banyak mendatangkan wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata yang ada di Pekanbaru. Tempat wisata di Riau cukup beragam dan salah satu penyumbang obyek wisata yang cukup banyak ada di Kota Pekanbaru. Dan berikut ini daftar tempat-tempat wisata yang sangat menarik di Pekanbaru.

Anjungan Seni Idrus Tintin

Nama dari gedung kesenian ini diambil dari seorang seniman yang bernama Idrus Tintin. Jika kita lihat dari arsitekturnya Anjungan Seni Idrus Tintin ini hampir seperti Istana Kerajaan. Tetapi gedung ini difungsikan sebagai tempat pagelaran kesenian. Dan bahkan di dalam Anjungan Seni Idrus Tintin terdapat berbagai karya dari seniman-seniman yang di pajang di dalam gedung. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Bukit Raya, Simpang Tiga.

Danau Bandar Kayangan

Danau ini juga dikenal oleh masyarakat Pekanbaru dengan sebutan Danau Buatan, karena memang terbentuknya Danau Bandar Kayangan juga dibuat sedemikian rupa. Meskipunbegitu panorama Danau Bandar Kayangan ini sangat menarik. Sangat terlihat eksotisme dari danau ini ketika hari mulai senja dengan temaram sinar matahari semakin jelas eksotismenya. Tempat wisata di Riau hanya berjarak 10 km saja dari Pekanbaru dan mampu mendatangkan cukup banyak wisatawan yang ingin menikmati panorama danau dengan menggunakan kapal atau perahu kecil yang ada di danau.

Desa Wisata Okura

Salah satu tempat wisata di Riau yang menjadi andalan Kota Pekanbaru ini berada di Kecamatan Rumbai. Desa Wisata Okura benar-benar sangat layak dijadikan deesa wisata karena eksotisme Desa Okura benar-benar terlihat. Mulai dari kebersihan sungai dan juga alamnya yang masih sangat asri dan juga budaya adat dan istiadatnya masih sangat kental. Yang cukup menarik adalah ketika kamu melakukan perjalanan ke Desa Okura melalui jalur sungai. Kamu akan disuguhi panorama perkebunan kelapa sawit dan juga pepohonan rindang di pinggir sungai.

Kolam Pemancingan Garuda Sakti

Obyek wisata yang satu ini memang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif di Pekanbaru. Meskipun milik perseorangan tapi Kolam Pemancingan Garuda Sakti Km 8 ini panoramanya cukup asri. Dengan kolam ikannya yang alami dan juga luas ditambah lagi pepohonan yang cukup banyak semakin membuat suasane terasa sejuk. Tempat wisata di Riau ini tepatnya di Kota Pekanbaru memiliki cukup banyak ikan, seperti ikan patin, ikan nila, lele, dan lain-lain.

Masjid Agung An-Nur

Inilah masjid kebanggaan masyarakat Pekanbaru dan menjadi tempat wisata di Riau khusunya wisata religi. Majsid Agung An-Nur ini salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Masjid Agung An-Nur dibangun pada tahun 1968 dari sisi arsitekturnya memang mirip dengan Taj Mahal di India. Makanya banyak masyarakat Riau menyebutnya dengan Taj Mahalnya Provinsi Riau. Baik ketika siang hari maupun malam hari Masjid Agung An-Nur ini benar-benar sangat indah dan menakjubkan.

Masjid Raya Senapelan

Salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia ini juga termasuk dalam cagar budaya karena dibangun pada abad 18 keitka itu pada masa Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah. Meskipun ada beberapa bagian masjid yang direnovasi tetapi tetap tidak merubah dari design awal masjid. Dan kini Masjid Raya Senapelan atau lebih dikenal dengan Masjid Raya Pekanbaru ini menjadi tempat wisata di Riau terutama wisata religi. Lokasi Masjid Raya Senapelan ini berada di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan.


Museum Kereta Api dan Tugu Pahlawan Kerja

Tempat wisata di Riau, tepatnya di Kota Pekanbaru ini sebagai salah satu bukti sejarah tentang penduduk pribumi yang tewas karena kerja paksa romusha waktu penjajahan Jepang. Ada sekitar 10.000 pekerja paksa yang tewas ketika pembangunan rel kereta api yang menghubungkan antara Pekanbaru dengan Padang. Bahlakn Belanda menjulukinya sebagai The Death Railway. Dan Monumen Kereta Api dan Tugu Pahlawan Kerja ini menjadi bukti bahwa dulu juga ada kereta api yang beroperasi di Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama

Nama dari Museum di Pekanbaru ini diambil dari nama Raja Bintan yang berkuasa pada abad 13 di Pulau Bintan. Museum Sang Nila Utama ini menjadi tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi. Karena museum ini cukup banyak menyimpan barang peninggalan atau cagar budaya. Salah satunya yang ada di museum ini yang cukup terkenal adalah Batu SIput yang memiliki berat hampir 1 ton. Selain itu juga masih banyak koleksi penginggalan benda-benda kerajaan di masa lalu. Lokasi Museum Sang NIla Utama ini berada di Marpoyan Damai, Tengkerang Tengah.

Perpustakaan Soeman H.S

Inilah destinasi wisata edukasi dan surganya bagi para pecinta buku, Perpustakaan Soeman H.S namanya. Soeman H.S adalah seorang novelis yang berasal dari Riau dan namanya diabadikan menjadi nama perpustakaan yang ada di pusat kota Pekanbaru. Yang sangat menarik adalah arsitektur dari bangunannya yang mirip dengan buku terbuka atau seperti rehal (tatakan buat Al-Qur’an). Tempat wisata di Riau ini memiliki cukup banyak koleksi buku, dan bahkan pernah menjadi perpustakaan terbesar di Asia.


Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah adat Melayu ini dibangun pada tahun 1928 dan yang punya adalah Tuan Qadhi Zakaria. Rumah Singgah Tuan Kadi ini merupakan cagar budaya yang lokasinya tepat bersebelahan dengan jembatan Sungai Siak. Dan sekarang telah menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Pekanbaru yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama ketika sore hari sembari menikmati panorama Sungai Siak.

Taman Putri Kaca Mayang

Tempat wisata di Riau ini lokasinya tepat berada di pusat Kota Pekanbaru dan di depan Kantor Walikota Pekanbaru. Sangat tidak heran kalau Taman Putri Kaca Mayang ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Fasilitas yang ada di dalam sangat lengkap, mulai dari kolam renang, taman bermain anak, komedi putar, dan area hijau. Taman Putri Kaca memang menjadi destinasi wisata alternatif yang cukup favorit bagi masyarakat Pekanbaru.

Taman Wisata Alam Mayang

Satu lagi tempat wisata di Riau ini menjadi andalan Kota Pekanbaru yang memiliki wahan apermainan yang sangat lengkap. Mulai dari wahana air lengkap seperti perahu dan juga bana boat hingga adanya flying fox dan juga tempat bersantai. Taman Wisata Alam Mayang ini memang destinasi wisata yang sangat cocok untuk menghabiskan musim liburan. Kamu bakal puas menikmati segala permainan yang ada di dalamnya atau bahkan sekedar bersantai menikmati danau buatan dibawah rindangnya pepohonan. Lokasi wisata Taman Wisata Alam Mayang ini berada di Kecamatan Bukit Raya, Kelurahan Tangkerang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir