Tempat Destinasi Wisata di Rokan Hilir

Tempat Destinasi Wisata di Rokan Hilir - Tokan Hilir sebagai salah satu Kabupaten yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka, dulunya sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia. Sudah sejak jaman kolonial Belanda Rokan Hilir yang pusat Kota berada di Bagansiapiapi ini memang sudah maju, terutama dalam hal perdagangan. Nah saat ini dari industri wisata juga cukup dikenal baik dalam skala nasional maupun internasional. Ritual Bakar Tongkang yang menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang cukup terkenal tepatnya berada di Kabupaten Rohil.

Bay Park

Meskipun tergolong masih baru, destinasi wisata Bay Park ini sudah dilirik para wisatawan untuk menikmati wisata air. Wisatawan bisa berkeliling menggunakan perahu bebek yang ada di Bay Park. Untuk selanjutnya Bay Park ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pacu sampan, atau perlombaan tradisional yang biasanya diselenggarakan ketika perayaan HUT RI. Bay Park menjadi tempat wisata di Riau yang tergolong masih baru, tepatnya berda di Bagansiapiapi, Jalan Bahagia Ujung.

Batu Belah Batu Bertangkup

Tempat wisata di Riau ini tergolong cukup unik dan sedikit berbau cerita legenda. Batu Belah Batu Bertangkup nama situs legenda ini yang berada di Desa Bantayan. Kono katanya batu tersebut dahulunya adalah kerang yang sangat besar dan memakan segala yang ada di dekatnya termasuk manusia. Tetapi sama tentara Portugis kerang tersebut diberi air kapur dan akhirnya kerang raksasa tersebut mati. Dan kini situs Batu Belah Batu Bertangkup ini cukup sering dikunjungi wisatawan.


Bundaran Elang

Ketika hari mulai senja, di Bundaran Elang Bagansiapiapi ini cukup ramai dikunjungi warga lokal yang hanya sekedar bersantai. Begitu juga pada malam harinya, BUndaran Elang ini menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong dengan ditemani kopi atau teh yang dijajakan oleh PKL di dekat Bundaran Elang. Bundaran Elang Bagansiapiapi ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan, karena selfieable atau instagramable.

Danau Napangga

Salah satu destinasi wisata yang ada di Dokan Hilir adalah Danau Napangga. Suasana yang cukup asri semilir angin yang cukup sejuk, air danaunya yang jernih menjadi sajian utama Danau Napangga. Untuk menikmati keindahan Danau Napangga kamu bisa menaiki perahu dengan berkeliling di seputaran danau. Bisa juga kamu memancing ikan yang konon katanya cukup banyak di Danau Napanga. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Pujud, Desa Tanjung Medan.

Desa Rantau Bais

Tempat wisata di Riau ini memang sangat tepat jika dikatakan sebagai desa wisata, karena di Desa Rantau Bais ini kamu bisa menemukan rumah adat yang masih sangat banyak. Dan juga masyarakatnya masih menjaga adat dan istiadanya. Lokasinya yang tepat berada di Sungai Rokan menjadikan Desa Rantau Bais terlihat sangat tenteram dan dami. Selain itu lokasinya juga dekat dengan Pulau Tilan yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Rokan Hilir.

Kelenteng In Hok Kiong

Merupakan Kelenteng yang tertua yang ada di Bagansiapiapi yang dibangun pada tahun 1875 oleh para orang Tionghoa yang tinggal di Bagansiapiapi. Dan Kelenteng ini juga diidentikan sebagai tanda dibukanya Kota Bagansiapiapi oleh para orang Tionghoa yang pertama kalinya menginjakkan kaki di Bagansiapiapi. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di jalan Kelenteng Bagansiapiapi.

Kepulauan Arwah

Kepulauan Arwah terdiri dari beberapa pulau yang lokasinya cukup berdekatan yang menyajikan eksotisme bagi para wisatawan yang datang. Tempat wisata di Riau ini memang cukup menyedot perhaitan para wisatawan terutama di Pulau Jemur. Dengan pantainya yang bersih dan masih sangat alami dan juga sebagai tempat berkembiangnya penyu hijau. Selain itu juga masih ada sekitar 9 pulau kecil yang menambah eksotisme Kepualauan Arwah. Selian menikmati panorama pantai kamu juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan berbagai macam terumbu karang dan juga warna-warni ikannya.

Masjid Al-Ikhlas

Tempat wisata di Riau berikutnya adalah wisata religi, yakni di Masjid Al Ikhlkas Bagansiapi-api. Arsitektur yang bernuansa Turki masjid ini memang begitu tampak megah dengan adanya kolam air yang ada di halaman masjid semakin membuat Masjid Al Ikhlas terlihat sejuk. Belum lagi adanya menara-menara yang tinggi di sisi-sisi masjid semakin menambah keindahan Masjid Al Ikhlas.

Pulau Jemur

Kedepannya Pulau Jemur ini akan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini disebabkan Pulau Jemur memang masih sangat asri serta terlihat sangat alami. Sangat wajar di Pulau Jemur ini cukup banyak sekali Penyu Hijau yang dilindungi oleh pemerintah. Pasir pantainya yang putih bersih, birunya air laut, serta pulau-pulau karang menjadi pemandangan yang sangat eksotis. Aplagi jika dikelola dengan maksimal akan mendatangkan banyak wisatawan ke Pulau Jemur. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir