Tempat Destinasi Wisata di Dumai

Tempat Destinasi Wisata di Dumai -  Dumai adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Riau yang lokasinya sangat strategis terutama untuk perdagangan internasional karena lokasinya yang berada di Selat Malaka. Selain itu Dumai menjadi Kota terbesar yang ada di Indonesia untuk saat ini. Strategisnya lokasi Dumai, maka cukup banyak wisatawan asing yang singgah di Kota Dumai untuk menikmati tempat-tempat wisata yang cukup menarik perhatian. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang cukup menarik dan menambah jumlah tempat wisata di Riau.

Danau Bunga Tujuh

Tempat wisata di Riau, tepatnya berada di Kota Dumai ini memang sedang dipercantik oleh pemerintah Dumai. Karena lokasinya yang hanya berjarak 8 km dari pusat Kota Dumai menjadikan tempat wisata Danau Bungau Tujuh ini cukup sering dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan lokal. Yang cukup menarik adalah tersedianya fasilitas wahana bermain seperti kereta air, perahu untuk berkeliling danau dan juga adanya pondok untuk bersantai serta kafe-kafe apung yang berada di atas danau.

Ekowisata Bandar Bakau

Tempat wisata di Riau ini menjadi destinasi andalan Kota Dumai tepatnya di Dumai Selatan. Selain sebagai konservasi hutan bakau dan juga bisa menjadi sarana edukatif. Ketika kamu mulai masuk ke dalam hutan bakau, suasana yang sangat sejuk cukup terasa dan juga viewnya sangat eksotis. Kamu juga bisa mengelilingi Ekowisata Bandar Bakau dengan menggunakan sampan atau perahu sembari memancing ikan yang menghuni hutan bakau akan lebih menarik. Selain menikmati hutan bakau kamu juga bisa melihat macan dahan yang menghuni Ekowisata Bandar Bakau.

Goa Pelintung

Konon katanya Goa Pelintung dulunya sebagai tempat untuk menyimpan harta hasil jarahan para perompak dari negeri Siam. Dan saking banyaknya harta tersebut ditutupi oleh bebatuan hingga membentuk bukit yang kini lebih dikenal dengan Bukit Kerudung. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelitung.

Hutan Wisata Sungai Dumai

Adanya Hutan Wisata Sungai Dumai menjadi peneduh bagi warga Kota Dumai, karena Kota Dumai itu sendiri cuacanya sangat panas. Maka sangat wajar jika konservasi hutan ini cukup ramai pengunjung, apalagi ketika liburan semakin banyak wisatawan yang datang yang pengin ngadem. Selain itu tempat wisata di Riau, tepatnya di Bukit Jin, Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur memiliki cukup banyak flora di dalamnya. Jadi juga bisa sebagai wisata edukatif untuk anak-anak.

Makam Pawang Leon dan Batu Tapak Harimau

Inilah seseorang yang memiliki kesaktian begitu juga dengan Harimau asuhannya yang juga sama memiliki kesaktian. Belilaulah yang membangun Kampung Pelintung yang dibantu oleh Harimau setianya. Dan situs Batu Tapak Harimau itu konon katanya Harimau itu menghentakkan kakiknya ke batu ketika mengusir musuh dari Kamppung Pelintung. Dan sekarang Makam Pawang Leon ini menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelintung.

Makam Siti Laut

Siti Laut adalah anak dari seorang pemangku adat yang rela memenuhi syarat dari seorang Raja menjadi galang Lancang Kuning. Dan hingga kini Makam Siti Laut ini sering didatangi para peziarah baik dari Dumai maupun dari luar Dumai. Makam Siti Laut menambah daftar tempat wisata di Riau terutama wisata sejarah, yang lokasinya berada di Kelurahan Pangkalan Sesai.

Makam Syekh Sayyid Azziz Ibrahim

Inilah makam ayahanda Putri Tujuh dan juga Raja dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung yang meninggal ketika perang melawan Kerajaan Tamiang Aceh. Makam ini biasanya sangat ramai dikunjungi peziarah terutama pada saat memasuki bulan Ramadhan. Yang akhirnya menjadi tempat wisata di Riau tepatnya berada di Kecamatan Sungai Sembilan yang cukup sering dikunjungi peziarah.

Makam Syekh Umar

Konon katanya beliau inilah yang meramalkan adanya Kota Dumai seperti sekarang ini. Selain itu beliau juga penyebar agama Islam di Dumai. Cukup banyak peziarah yang datang untuk mendoakan, terutama di hari-hari tertentu. Tempat wisata di Riau ini menjadi wisata sejarah yang dimiliki Kota DUmai. Untuk lokasinya berada di pusat kota tepatnya di Jalan Syekh Umar.

Masjid Al Manan

mpat wisata di Riau ini menjadi destinasi religi kebanggaan bagi masyarakat Dumai. Masjid Al Manan yang memiliki arti Maha Pemberi Anugerah ini memiliki arsitektur yang sangat megah dengan adanya 4 menara tinggi di depan dan belakang masjid. Donimasi warna biru muda dengan akses warna hijau membuat masjid ini terasa sejuk di tengah cuaca panas Kota Dumai. Tidak hanya diperuntukkan perbadahan saja, tapi juga wisata religi bagi wisatawan dari Dumai maupun dari luar Kota Dumai.


Pantai Puak Dumai

Tempat wisata di Riau ini tergolong masih baru tapi lngsung banyak wisatawan yang berdatangan ke Pantai Puak Dumai. Hal ini dikarenakan selain masih baru, cukup banyak wahana air atau fasilitas yang tersedia di Pantai Puak Dumai. Seperti banana boat, speed boat juga ada yang siap untuk memanjakan wisatawan. Selain itu pantainya yang sangat terawat dan juga bersih ini menjadi tempat yang asyik untuk menikmati panorama pantai ketika sore hari. Lokasi wisata Pantai Puak DUmai ini berada di Kecamatan Medang Kampai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat-Tempat Wisata di Rokan Hulu

Manfaat jambu untuk kesehatan tubuh

Tempat Wisata di Indragiri Hilir